Manfaat Bawang Hitam – Beneran Sekuat Itu? Bukan Mitos Saja?

Bawang hitam atau black garlic adalah makanan kesehatan yang cukup mendunia karena khasiatnya yang luar biasa. Sayangnya, di Indonesia, bawang hitam tidak begitu populer. Padahal manfaat bawang hitam ini sangat luar biasa.

Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang tahu kalau makanan ini ada. Sekalipun mereka tahu, mereka menganggapnya sama dengan bawang putih biasa, hanya harganya lebih mahal.

Jika Anda termasuk orang yang belum mengetahui apa itu bawang hitam, atau apa saja manfaat bawang hitam, yuk simak terus artikel ini. Kita akan mengupas bawangnya secara tuntas. Hehe.

Apa itu Bawang Hitam?

Bawang hitam adalah bawang putih biasa yang sudah mengalami proses fermentasi. Jadi bukan hanya buah, sayuran, dan singkong yang bisa difermentasi menjadi manisan, asinan, atau tape, namun bawang putih juga bisa.

Bawang putih disimpan di tempat yang panas dengan suhu 60 hingga 80 °C, dan kelembaban 70 hingga 90 %. Proses ini memakan waktu sekitar 10 hingga 40 hari, namun biasanya bawang hitam yang beredar di Indonesia difermentasi selama 30 hari.



Setelah bawang putih berfermentasi menjadi bawang hitam, daging bawang akan menjadi berwarna hitam. Teksturnya akan menjadi lembut seperti karamel, dengan rasa asam manis yang mungkin akan sedikit terasa aneh di awal mengonsumsi, namun lama-kelamaan akan terbiasa.

Selain perubahan warna, tekstur, dan rasa. Perubahan juga terjadi pada khasiatnya, yaitu kandungan zat-zat yang bermanfaat di dalamnya bertambah berkali lipat. Apa saja ya manfaatnya?

2 thoughts on “Manfaat Bawang Hitam – Beneran Sekuat Itu? Bukan Mitos Saja?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *