Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit adalah batasan transaksi yang bisa nasabah lakukan. Transaksi dengan kartu kredit dibatasi oleh pihak bank, sementara transaksi dengan kartu debit hanya dibatasi oleh saldo nasabah.

Itu tadi perbedaan kartu debit dan kartu kredit yang paling kelihatan.

Selain batasan transaksi, sebenarnya masih ada banyak perbedaan lainnya. Yang mana perbedaan lain ini sifatnya seperti perbedaan turunan sebagai akibat logis perbedaan utamanya di atas.

Tentunya bukan sesuatu yang keliru, jika banyak orang memilih untuk menggunakan keduanya. Karena baik kartu debit maupun kartu kredit juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda masih bingung dalam memilih kartu kredit atau kartu debit, mari kita cermati perbedaan keduanya secara lebih detail.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Bagi Anda yang sudah cukup lama menggunakan kartu kredit dan juga kartu debit, tentunya sudah mengerti apa perbedaan kedua layanan perbankan berbasis kartu ini.

Tetapi tidak bagi Anda yang selama ini hanya menggunakan salah satu jenis kartu ini. Atau bahkan baru pertama kali mengajukan aplikasi kartu – dan bingung – mana yang terbaik: kartu kredit atau kartu debit?

Yang pasti adalah kartu kredit dan debit sama-sama memberikan kemudahan, keamanan, dan kepraktisan dalam melakukan transaksi.

Menambahkan yang sudah dituliskan di awal tadi, Anda juga bisa memahami perbedaan kartu kredit dan kartu debit adalah

  • Kartu debit: menarik uang langsung dari tabungan Anda saat transaksi dilakukan, sedangkan
  • Kartu kredit: mengumpulkan total transaksi Anda dan menagihnya pada akhir bulan.

Dari cara pemakaiannya, sudah jelas terlihat perbedaannya. Tetapi, masih banyak perbedaan lainnya, misalkan dari segi mekanisme kerja, proses pembuatan, manfaat, hingga tingkat keamanannya.

Perbedaan Mekanisme Kerja

Banyak nasabah yang hanya menggunakan kartu debit atau kredit untuk menghindari dompet yang tebal akibat uang tunai. Tetapi sebenarnya, mekanisme kartu debit dan kredit itu berbeda lho! Agar Anda bisa memanfaatkannya sesuai kapasitasnya, mari kenali dahulu beberapa mekanisme kerja dua alat transaksi non tunai tersebut:

Kartu Debit Kartu Kredit
Dapat digunakan hanya jika memiliki saldo. Batas transaksi maksimal sesuai dengan saldo yang dimiliki Dapat digunakan tanpa memiliki saldo. Batas transaksi maksimal ditentukan oleh limit kartu yang ditentukan oleh bank
Tidak dibebankan biaya tahunan (biaya transaksi langsung dipotong dari saldo nasabah pemilik kartu debit) Dibebankan biaya tahunan, biaya materai, dan biaya lainnya pada tagihan bulanan (biaya bervariasi sesuai jenis kartu dan bank penerbit)
Dapat digunakan untuk tarik tunai (bebas biaya) Dapat digunakan untuk tarik tunai (dikenakan biaya yang cukup tinggi)
Penggunaan dalam transaksi online terbatas Penggunaan dalam transaksi online lebih luas (menggunakan 3 nomor terakhir pada kartu)
Transaksi dapat dilakukan dengan PIN
  • Transaksi non tunai dapat dilakukan dengan PIN atau tanda tangan
  • Transaksi tarik tunai dapat dilakukan dengan PIN
Bukan produk pinjaman, tidak ada denda berupa bunga atau fee tambahan. Merupakan produk pinjaman jangka pendek dengan tagihan setiap bulan, metode pembayaran:
  • Bayar penuh
  • Bayar minimal dan cicilan dengan bunga

Perbedaan Proses Pengajuan

Untuk mengajukan kartu debit dan kartu kredit, terdapat syarat-syarat yang berbeda pada setiap bank. Namun pada umumnya pengajuan akan melalui proses sebagai berikut:

Kartu Debit Kartu Kredit
Diterbitkan oleh bank untuk nasabah yang sudah memiliki rekening Diterbitkan oleh bank tanpa perlu memiliki rekening bank terkait
Bisa diperoleh walaupun tidak mengunjungi bank secara langsung, seperti pengajuan online dan agen marketing
Kartu tambahan dapat diajukan bagi anak atau kerabat pemilik kartu utama yang tidak memenuhi syarat pengajuan kartu kredit (tanggung jawab sepenuhnya pada pemilik kartu utama)

Perbedaan Manfaat yang Ditawarkan

Nah, untuk menentukan mana kartu yang sesuai bagi kebutuhan Anda, Anda juga perlu membandingkan manfaat atau keuntungan yang ditawarkan keduanya. Mari kita lihat apa saja keuntungan dari kartu debit dan kartu kredit:



Kartu Debit Kartu Kredit
Tabungan bersifat bergerak, dapat ditarik tunai dan dipindahkan dengan cara transfer ke rekening lain Memungkinkan Anda berbelanja di awal dan pembayaran menyusul belakangan
Dapat digunakan untuk transaksi pada berbagai tempat seperti supermarket, ritel, dan lainnya
  • Dapat digunakan untuk transaksi pada berbagai tempat seperti supermarket, ritel, dan lainnya
  • Memiliki penawaran berupa potongan harga, cicilan 0%, atau poin reward, dan promo lainnya
Batas maksimal transaksi lebih besar bergantung pada saldo rekening Mudah digunakan di luar negeri dan berlaku hampir di seluruh belahan dunia
Tidak ada potensi utang Tidak dikenakan bunga jika membayar tepat waktu
Memudahkan pengaturan keuangan karena adanya riwayat transaksi

Perbedaan Tingkat Keamanan

Dari segi keamanan, banyak yang mengatakan bahwa kartu kredit lebih aman daripada kartu debit. Namun benarkah seperti itu? Mari kita buktikan:

Kartu Debit Kartu Kredit
Tidak berpotensi menimbulkan utang Berpotensi menimbulkan utang jika melakukan transaksi di luar kemampuan finansial
Transaksi tidak dilindungi oleh hukum Transaksi dilindungi oleh hukum
Keamanan cenderung rendah: penyalahgunaan kartu bisa mengakibatkan uang terkuras habis jika nomor PIN diketahui Lebih aman: penyalahgunaan kartu bisa diklaim dan saldo tidak akan berkurang selama terbukti transaksi tidak sah

Perbedaan Kelemahan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Supaya pembahasannya lebih adil, sekarang mari kita lihat juga perbedaan kelemahan kartu debit dan kartu kredit.

Kartu Debit Kartu Kredit
Tidak dapat digunakan melebihi jumlah saldo di rekening Dapat digunakan hanya sebatas limit kartu kredit (jika limit kecil, maka kecil pula dana yang bisa digunakan)
Tidak dapat untuk digunakan untuk kebutuhan dana besar dalam waktu cepat jika saldo tidak mencukupi
  • Terdapat bunga pada setiap transaksi
  • Dikenakan bunga pada ritel-ritel tertentu
Minim promo dan penawaran dari supermarket atau ritel. Terdapat aturan dalam pembayaran, seperti tenggat waktu dan denda keterlambatan
Bunga tinggi jika digunakan untuk tarik tunai

Kesimpulan

Berdasarkan tabel-tabel perbedaan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Kartu debit sesuai bagi pengguna yang memiliki dana cukup, kartu debit sesuai bagi pengguna yang membutuhkan pinjaman jangka pendek.
  2. Kartu debit lebih mudah digunakan jika membutuhkan dana tunai.
  3. Kartu kredit lebih mudah digunakan dalam transaksi online dan di luar negeri.
  4. Kartu kredit memberikan lebih banyak promo pada supermarket dan ritel.
  5. Biaya yang muncul pada kartu kredit lebih banyak (bunga, denda keterlambatan, biaya tahunan, dan lainnya)
  6. Pengajuan kartu kredit cenderung lebih mudah.
  7. Kartu kredit lebih aman daripada kartu debit.

Bagaimana? Sudahkah Anda menjatuhkan pilihan? Atau mungkin Anda membutuhkan keduanya?

Tidak masalah selama Anda sudah mengetahui perbedaannya, termasuk manfaat dan kekurangannya.

Yang penting Anda selalu bijak dalam menggunakan keduanya, karena tujuan utama kartu debit dan kartu kredit adalah untuk memudahkan transaksi dengan adanya transaksi non tunai. Jangan sampai tujuan ini malah disalahgunakan dan berujung kerugian pada Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan karakteristik antara kartu debit dan kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 11 Mei 2016. Kartu Kredit: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda? Cermati.com – https://goo.gl/XYNQtA
  • Rizki Abadi. 8 November 2015. Kartu Kredit Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit serta Ancamannya. Cermati.com – https://goo.gl/pJUBZv
  • Jason Steele. 13 Februari 2017. 4 Reasons Credit Is Safer Than Debit. Wisebread.com – https://goo.gl/q9Vhiu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *