Cara Mengatasi SSL Tidak Berwarna Hijau Di Blog WordPress

Setting Really Simple SSL

Setting Really Simple SSL


Untuk mengatasi SSL tidak berwarna hijau di depan url blog WordPress, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari memaksa protokol http menjadi https dari dalam dashboard WordPress, melakukan pengaturan tertentu pada file .htacces, sampai dengan install plugin khusus untuk mengatasi SSL yang tidak hijau.

Saya baru saja membelikan salah satu blog saya, dee-nesia, sertifikat SSL melalui namecheap. Alasannya adalah karena merasa jengkel dengan iklan ibn.adreach.co dari operator XL yang menempatkan blog di dalam iframe. Jadi ketika iklannya tidak berjalan, blog kita juga jadi tidak terbuka sama sekali. Hanya memunculkan halaman putih dan mengalami looping.

Dengan memasang sertifikat SSL pada alamat blog, maka gangguan dari iklan XL tadi bisa diatasi. Sementara untuk Dee Klik, masih belum. Semoga bisa bisa dalam waktu dekat ini, hehe….

Masalahnya, meskipun SSL sudah terpasang dengan benar, ternyata ada masalah yang menyatakan bahwa di dalam laman yang sudah ada SSL-nya tadi masih mengandung alamat dan script yang belum aman. Jadinya, tanda gembok di sebelum url blog masih belum hijau.

>> baca juga Macam-Macam Jenis Web Hosting Dari Yang Gratis Sampai Yang Mahal.

Buat teman-teman yang juga mengalami masalah SSL tidak berwarna hijau ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya tanda gembok SSL menjadi hijau dan tidak sia-sia kita beli sertifikat SSL dan memasangnya pada blog WordPress kita.

Cara Mengatasi SSL Tidak Berwarna Hijau Di Blog WordPress

Memaksa protokol http menjadi https

Caranya cukup mudah. Silahkan login dulu ke dashboard WordPress anda, lalu masuk ke Setting (pengaturan), masuk ke General (umum), dan ubah WordPress Address dan Site Address menjadi https seperti pada gambar di bawah ini….

Mengatasi SSL Tidak Berwarna Hijau Di Blog WordPress dengan mengubah protokol http menjadi https

Mengatasi SSL Tidak Berwarna Hijau Di Blog WordPress dengan mengubah protokol http menjadi https

Mengatur file .htaccess di cpanel hosting

Kadang, pengubahan protokol di dashboard WordPress masih belum cukup. File .htaccess di cpanel masih harus diatur ulang supaya bisa benar-benar secure url blog kita.

Caranya, silahkan masuk ke akun cpanel yang anda gunakan untuk blog yang bersangkutan. Dengan menggunakan File Explorer, silahkan cari file .htaccess, biasanya ada di root. Sesuaikan saja bila anda juga melakukan pengaturan di add-on domain.

Kemudian gunakan kode di bawah ini:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^example\.com [NC]
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.example.com/$1 [R,L]
</IfModule>
# END WordPress

Menggunakan plugin WordPress untuk mengatur validitas SSL

Ini adalah cara paling mudah untuk mengatasi SSL tidak berwarna hijau pada url blog WordPress kita. Masalahnya, di repository plugin WordPress, ada banyak sekali plugin yang menawarkan kemampuan seperti ini.

Selama proses pencarian plugin SSL WordPress ini, saya hanya sempat mencoba dua plugin. Kenapa hanya dua? Karena plugin pertama agak ribet settingnya, dan setelah diubek-ubek ternyata SSL-nya masih tetap kuning. Dan begitu mencoba plugin kedua, begitu diaktifkan, sudah langsung hijau itu status SSL-nya.

Plugin SSL yang saya maksud adalah Really Simple SSL.

Plugin Really Simple SSL ini sangat mudah penggunaannya. Anda hanya perlu menginstall dan mengaktifkannya, begitu saja. Tanpa perlu mengubah setting apapun di dalamnya. Meskipun sebenarnya ada juga pengaturan manualnya. Tapi setting defaultnya saja sudah cukup.

Berikut adalah gambar setting Really Simple SSL

Setting Really Simple SSL

Setting Really Simple SSL

Dari gambar di atas, kita bisa mengetahui kalau ternyata Really Simple SSL ini juga bisa secara otomatis memasukkan script pada file .htaccess seperti pada cara kedua diatas. Selama opsi Stop editing the .htaccess file tidak dicentang, berarti kita tetap mengijinkan plugin Really Simple SSL ini untuk melakukan perubahan pada file .htaccess tersebut.

>> baca juga Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk WordPress Supaya Dapat Yang Murah.

Pada awalnya, saya hanya mengubah protokol http menjadi https seperti cara pertama ini. Cara kedua yang menambahkan kode di file .htaccess secara manual itu juga saya lakukan.

Dan ketika sudah menggunakan plugin Really Simple SSL, saya rasa cara kedua itu sudah tidak relevan, karena beresiko dan ribet harus masuk-masuk ke cpanel. Saking pemulanya, saya butuh waktu lebih dari 15 menit hanya untuk mencari letak file .htaccess itu.

Semoga sharing cara mengatasi SSL tidak berwarna hijau di blog WordPress ini bisa membantu anda. Jangan lupa share dan like-nya ya….


(Visited 775 times, 1 visits today)