Berapa Harga Domain .dev Dan Kapan Mulai Bisa Beli?

harga domain .dev


Buat anda yang mulai mengincar domain .dev sebagai alternatif domain .com yang kabar-kabarnya mulai menipis ketersediaannya, ada kabar bagus nih. Pada Januari 2019 nanti, anda sudah mulai bisa beli domain .dev. Soal harganya bisa jadi akan setara dengan harga rata-rata domain .com yang kita nikmati sekarang, atau lebih mahal agak jauh.

Persediaan domain .com memang sudah mulai menipis sejak beberapa saat belakangan ini. Maklum saja, domain .com ini sangat populer. Dan di kalangan umum, ada anggapan kalau domain selain .com itu tidak keren. Maklum saja, kebanyakan orang juga tidak ngeh kalau harga domain .com itu standar, dan ada banyak akhiran domain yang harganya jauh berlipat-lipat mahalnya.

Banyak developer yang lebih memilih domain .io untuk situs personal maupun khusus proyek yang mereka kerjakan. Domain .io yang lebih dikenal merujuk pada istilah “input/output” memang cukup mewakili mereka – para developer ini.

Tetapi tampaknya, Google sedang mengerjakan sesuatu untuk membuat domain .dev lebih bisa diterima orang-orang yang bekerja sebagai developer.

Dan sama dengan domain .app yang diperkenalkan Google awal tahun ini, .dev juga termasuk dalam daftar HSTS preload. Artinya, domain .dev ini harus digunakan dengan protocol HTTPS.

Sepertinya domain .dev ini akan mendapat sambutan yang baik dari para developer yang pasti membutuhkan domain yang mampu menunjukkan identitas mereka dengan baik. Tapi ya itu, jika anda berminat – terlepas anda memang seorang developer, atau hanya ingin dikenal sebagai developer – maka baru pada bulan Januari tahun depan, anda bisa membelinya.

Tanggal tepatnya adalah pada 16 Januari 2019 nanti. Kabarnya, mulai 16 Januari itu, perusahaan-perusahaan yang memang memiliki merk dagang, bisa mendaftarkan domain .dev mereka.

Kemudian, dari 19 sampai 28 Februari, pendaftaran akan dibuka untuk semua orang, tapi harganya akan naik. hNah, setelah tanggal 28 Februari 2019, harga domain .dev baru akan normal.

hNah, bagaimana para pedagang domain? Sudah siapkan anggaran untuk berburu? Tentu untuk dijual lagi, kan kerjaannya jualan domain, atau beneran nyambi jadi developer? Hehe… sumber: Android Police


(Visited 8 times, 1 visits today)