Kenali Gejala Serangan Jantung Sebelum Terlambat!

Serangan jantung dapat terjadi pada siapapun. Bahkan orang yang nampaknya sehat sekalipun bisa mengalami serangan jantung.

Saya yakin pasti anda pernah mendengar berita orang yang meninggal secara tiba-tiba, padahal sesaat sebelumnya ia baik-baik saja.

Sebenarnya tidak ada penyakit yang terjadi secara tiba-tiba, semua ada proses awalnya. Hanya saja kita yang tidak mengenalinya atau tidak mengetahuinya, atau memilih mengabaikannya dan menganggapnya biasa saja.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan survei Sample Regristration System (SRS) pada tahun 2014. Hasilnya menunjukkan bahwa Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia pada semua umur, setelah stroke, yakni sebesar 12,9%.

Semua umur? Iya. Serangan jantung tidak mengenal usia. Mungkin dulu (yang kita tahu) bahwa yang bisa terkena penyakit jantung adalah orang yang tua. Tetapi nyatanya penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda.

Sebesar 39% orang Indonesia berusia kurang dari 44 tahun menderita penyakit jantung. Malah sebanyak 22% dari penderita jantung masih muda, yaitu pada kisaran usia 15–35 tahun.

Laki-laki berisiko tinggi mengalami serangan jantung setelah usia 45 tahun, dan perempuan berisiko tinggi mengalami serangan jantung setelah usia 55 tahun.



Lalu, bagaimana serangan jantung itu terjadi dan apa penyebabnya?

Jantung memiliki beberapa jenis pembuluh, di antaranya yang paling penting adalah arteri koroner. Pada arteri ini terdapat sirkulasi darah kaya oksigen ke semua organ dalam tubuh, termasuk jantung.

Bila arteri ini tersumbat atau menyempit, aliran darah ke jantung bisa turun secara signifikan atau berhenti sama sekali. Hal ini bisa menyebabkan serangan jantung.

Serangan jantung yang dialami setiap orang berbeda. Maksudnya tidak selalu ada rasa nyeri di ulu hati, terkadang malah hanya penurunan kondisi kesehatan secara perlahan.

Lalu bisakah kita mengenali serangan jantung sebelum terjadi?

Bisa.

Mengetahui ciri dan gejala serangan jantung akan membantu kita mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Biasanya, gejalanya akan muncul sebulan sebelum serangan terjadi.

Serangan Jantung
Serangan Jantung – Photo from Shutterstock

Gejala Serangan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *