Cara Mengatasi Tidak Bisa Posting Artikel dari WordPress App

By | September 13, 2019

Selain menulis artikel melalui Open Live Writer, Dee Klik juga memanfaatkan aplikasi WordPress for Android dan juga aplikasi WordPress untuk Windows. Pada umumnya lancar. Masalahnya, ada beberapa blog yang meskipun sudah terhubung dengan WordPress, semua fungsinya bisa berjalan baik, tapi tidak bisa posting artikel dari WordPress App.


Ini terjadi tidak hanya pada aplikasi WordPress App di Android, tapi juga yang di Windows, dan juga WordPress yang di browser Windows. Semuanya tidak bisa posting artikel.

Padahal, semua WordPress App tadi bisa membaca posting yang sudah terpublish, bisa melihat statistik pengunjung, mengubah beberapa setting dasar, dan juga memperbaharui plugin. Semua bisa dilakukan melalui WordPress App. Satu-satunya yang tidak bisa ya posting artikel tadi.

Ketika dipaksa untuk melakukan editing artikel yang sudah terpublish, maka artikel tadi tidak bisa dipublish. Artikel tadi akan disimpan di device yang digunakan.

Jadi kerasa percuma saja. Sudah membuat banyak perubahan, tapi ternyata tidak bisa dipublish.

Dari hasil cari tahu sana-sini, Dee Klik menyimpulkan kalau masalahnya terletak pada pengaturan pada file xmlrpc.php.

Kalau di cek di https://deeklik.com/xmlrpc.php, hasilnya seperti ini:

403 Forbidden
Request forbidden by administrative rules.

Padahal seharusnya seperti ini:

XML-RPC server accepts POST requests only.

Pada awalnya, saya simpulkan masalahnya bersumber pada beberapa pengaturan di file .htaccess yang seingat saya memang pernah saya uthak-uthik.

Tetapi sejauh yang saya tahu, rasanya si .htaccess ini baik-baik saja.

Kemudian saya juga ikuti beberapa saran untuk memperbaiki file dan folder permission melalui CPanel.

Sudah saya lakukan juga, dan tidak ada efeknya. Tetap saja saya tidak bisa posting artikel dari WordPress App.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Posting Artikel dari WordPress App

Cara mengatasi tidak bisa posting artikel dari WordPress App (yang berhasil)

Karena sudah mentok, akhirnya saya minta bantuan dari pihak penyedia layanan hosting.

Saya menggunakan layanan NameCheap.

Melalui Live Chat, saya sampaikan masalah tidak bisa posting artikel dari WordPress App dan juga 403 Forbidden Request forbidden by administrative rules tadi.

Saya dilayani oleh mbak Christina Zorya – Customer Service NameCheap.

Pada awalnya saya diminta memberikan:

  • username akun NameCheap
  • Support PIN, dan
  • nama domain yang tidak bisa posting artikel dari WordPress App tadi.

Support PIN bisa didapat di https://ap.www.namecheap.com/Profile/Security.

Tentu saja kita harus login dulu ke akun NameCheap.

Saya diminta menunggu 5 sampai 7 menit, sampai si mbak memberi pesan seperti ini:

Christina Zorya: I’ve whitelisted your domains so there should not be issues with xmlrpc.php now. Additionally, I’ve whitelisted some rules in ModSecurity.

ModSecurity is an Apache module which works as a web application firewall. It blocks known exploits and provides protection from a range of attacks against web applications. However, sometimes, mod_security may incorrectly determine that a certain request is malicious, while it is actually legitimate. In such a situation, we can whitelist the triggered mod_security rule on the server, so that you can bypass the block.

Dan begitulah, akhirnya saya lega. Sudah bisa publish ataupun edit artikel di Dee Klik melalui Open Live Writer, WordPress App di Android dan juga di Windows.

Kesimpulan

Jika cara normal dan biasa – bagi orang awam macam saya begini – sudah mentok, maka tidak usah ragu untuk meminta bantuan dari pihak penyedia layanan hosting.

Selain karena secara teknis mereka sangat mungkin lebih paham, terkadang ada beberapa hal yang user seperti kita, tidak memiliki akses untuk melakukan perubahan.

Beda kalau misal kita pakai VPS dimana hak akses pengguna lebih luas – hampir tanpa batas. Kita yang masih bertahan pakai shared hosting ya begini saja dulu sembari terus belajar.

(Visited 7 times, 1 visits today)